Langsung ke konten utama

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Hai sobat kembali lagi di blog AnnasSolihinSmart.com, kali ini kita akan mempelajari pengertian, struktur, ciri/kaidah kebahasaan, contoh dan cara memproduksi/menyusun teks laporan hasil observasi (LHO). Apa sih teks LHO itu ? Daripada semakin penasaran, yuk simak pembahasan kita kali ini......

A. DEFINISI/PENGERTIAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Observasi : Pengamatan

Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang menjelaskan informasi mengenai sesuatu, baik itu hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, hasil karya manusia, dan/atau fenomena alam sesuai fakta dengan klasifikasi kelas dan subkelas yang ada di dalamnya berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan.

Masih belum paham ?

Singkatnya, teks LHO adalah sebuah teks yang akan memaparkan hasil observasi secara sistematik dan objektif berdasarkan kenyataan/fakta yang ada.
Teks jenis ini juga mendeskripsikan mengenai bentuk, ciri, dan/atau sifat umum suatu objek. Objek tersebut dapat berupa manusia, benda, hewan, tumbuhan, atau berbagai peristiwa yang terjadi di dunia ini.

B. APA TUJUAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI ?

Tujuan teks LHO adalah untuk menyampaikan informasi tentang klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu secara apa adanya sesuai kriteria tertentu sebagai hasil pengamatan (secara sistematis dan objektif) serta untuk memecahkan suatu persoalan berupa hipotesis hasil pengamatan.

Adapun tujuan lainnya yaitu :
Untuk mengatasi suatu persoalan.
Untuk menemukan teknik atau cara terbaru.
Untuk mengambil keputusan yang lebih efektif.
Untuk melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
Untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

C. APA FUNGSI DARI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI ?

1. Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
2. Sebagai sumber informasi terpercaya.
3. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
4. Sarana untuk pendokumentasian.

D. APA BEDANYA ANTARA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN TEKS DESKRIPSI ?

Keduanya memang sama-sama menyampaikan informasi sesuai fakta, tapi letak perbedaannya ada pada sifatnya yaitu :

Teks Laporan Hasil Observasi  : bersifat universal yang di dalamnya ada klasifikasi dan fakta deskripsi.
Teks Deskripsi : bersifat unik dan individual yang di dalamnya ada deskripsi spesifik.
E. STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN PENJELASANNYA

#1. Pernyataan Umum/Klasifikasi

Berisi tentang informasi/pengertian mengenai sesuatu yang dibahas atau hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Bagian ini dapat diartikan juga sebagai pembuka karangan secara umum dengan menjelaskan penggolongan/klasifikasi tentang objek yang hendak dilaporkan, seperti : benda, tumbuhan, lingkungan, organisme, hewan, fenomena sosial, fenomena alam, dan lain sebagainya.

Pada bagian ini objek akan diklasifikasi berdasarkan atas persamaan dan/atau perbedaannya. Kemudian kriteria tersebut digunakan untuk membedakan kelas, subkelas dan rincian yang lebih mendetail lagi.

#2. Paragraf yang terdiri dari anggota/aspek yang dilaporkan

Pada bagian ini, berisi penjelasan secara rinci mengenai informasi yang akan disampaikan berdasarkan hasil pengamatan.

Pada bagian ini, akan diuraikan klasifikasi atau penggolongan secara runtut dari kelas yang besar hingga menjadi kelas yang kecil (subkelas). Misalnya penggolongan diikuti rincian dari aspek perilaku, genetik, lingkungan, fungsi, peran, fisik, atau kepribadiannya.

F. CIRI-CIRI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

1. Ditulis secara lengkap dan sempurna.
2. Bersifat objektif, global dan/atau universal.
3. Objek yang akan dibicarakan/dibahas adalah objek tunggal.
4. Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
5. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
6. Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
7. Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.
8. Tidak adanya bagian penutup dari penulis. Penulis hanya melaporkan apa yang dilihat dan diketahuinya berdasarkan hasil analisis serta observasinya.
9. Menitikberatkan pada pengelompokkan segala sesuatu ke dalam jenis-jenis dengan ciri atau keadaannya secara umum.
10. Disajikan secara menarik, baik dalam hal kata, bahasa jelas, isinya berbobot maupun susunannya logis.
11. Teks Laporan Hasil Observasi menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta, tanpa adanya opini penulis.
12. Teks deskripsi menggambarkan secara khusus (unik dan individual) dan menggunakan sudut pandang penulis.

G. CIRI/KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

#1. Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.

#2. Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu).

#3. Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.

#4. Menggunakan kata penghubung yang menyatakan :
Tambahan : dan, serta
Perbedaan : berbeda dengan
Persamaan : sebagaimana, seperti halnya, demikian halnya, hal demikian, sebagai, hal yang sama
Pertentangan : sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik
Pilihan : atau
#5. Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.

#6. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.

H. SIFAT TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Bersifat Informatif.
Bersifat Komunikatif.
Bersifat Objektif.

I. SYARAT/KRITERIA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG IDEAL, BAIK DAN BENAR

Memiliki susunan struktur teks yang urut dan lengkap.
Dalam struktur teks tidak memiliki kesimpulan/penutup.
Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.
Teks menjelaskan sebuah informasi yang benar adanya (sesuai fakta).

J. LANGKAH MEMPRODUKSI/MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

1. Membuat judul laporan sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
2. Membuat kerangka teks dengan menitikberatkan pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil pengamatan.
3. Menyusun teks berdasarkan gagasan utama yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum lalu ke bagian isi (anggota/aspek yang dilaporkan). Jadi, setelah membuat klasifikasi secara umum, langkah selanjutnya adalah menjabarkan klasifikasi tersebut berdasarkan hasil pengamatan (jika belum maksud, sobat bisa lihat contoh teks LHO di bawah)
4. Meneliti kembali hasil penulisan teks, jika terdapat kalimat janggal atau terdapat kesalahan penulisan, segera perbaiki kembali.

Demikianlah artikel mengenai pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, contoh dan cara memproduksi/menyusun teks laporan hasil observasi, semoga dapat menambah wawasan kita terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kurang paham mengenai pembahasan kita kali ini ? Yuk tanya dikomentar :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Novel Sejarah Pribadi

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu; 1. Menyusun kerangka novel sejarah berdasarkan peristiwa sejarah; 2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dimasa lalu. Teks Cerita Sejarah Pribadi adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dari kecil hingga sekarang. Perbedaan Teks Sejarah Pribadi dengan Biografi: kalau Biografi itu ditulis oleh orang lain yang biasanya pada saat yang bersangkutan telah tiada Sedangkan Teks cerita sejarah pribadi ditulis oleh orang yang mengalami kejadian tersebut. Perbedaan dengan Pengalaman: jika pengalaman hanya menceritakan satu kejadian saja sedangkan teks pribadi hampir semua yang terjadi. Struktur teks  1. Pengenalan situasi cerita 2. Pengungkapan peristiwa 3. Menuju konflik 4. Puncak konflik Membuat Sejarah Pribadi Sendiri 1. Carilah dokumen-dokumen yang penting. 2. Wawancarai orang-or

PKN: Peran Serta Warga Negara Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan Peran Serta Warga Negara Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan

sumber foto :https://deskwasbang.polkam.go.id/peran-wawasan-kebangsaan-dan-bela-negara-dalam-meningkatkan-daya-saing-pemuda-indonesia-pada-persaingan-global/   Wawasan Nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntutan bagi setiap warga negara Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntutan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, implementasi atau penerapan Wawasan Nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan. Dengan kata lain, Wawasan Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi, menyikapi, atau menangani berbagai masalah menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut. 1. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan

Reported Speech ( Indirect Speech )

hi guys see you again ... with my annassolihinsmart.blogspot.com .... i have a duty reeported speech ... tpi how to do it ya ?? This is it .... Put the following direct sentences into reported speech. 1. a. Issumboshi said to the princess, ''I'll stay in your pocket and guard you from all harm.'' b. ....... 2. a. The lord said, ''I'll employ you.'' b. ...... 3. a. Issumboshi told the princess, ''I'll defend you upon my life.'' b. ...... 4. a. The demon said,''This magic hammer will grant you a wish.'' b. ..... 5. a. The demon said to Issumboshi, ''I give this magic hammer to you.'' b. ..... 6. a. John said, ''I am feeling ill.'' b. ...... 7. a. Bob told me, ''Dan works very hard.'' b. ..... 8. a. Riana said, ''I don't have any brothers or sisters.'' b. .... 9. a. Fadhil told me,'' Sarah has a very well-paid job.

MATERI BM: LALONGÈT

Èopènè Sareng M. Hafid Effendy, M.Pd. *) (Angghuta Pakem Maddhu Mekkasan) LALONGÈâT aropaaghi bagiân dâri sastra Madhurâ. Lalongèt asalla dâri oca’ longèt , Ãˆrangkep adâ’ aobâ swara dhâddhilalongèt. Longet andi’ artè pènter otabâ pèlak bây-ghâbâyân. Maksoddhâ aghâbây korse, lomare, bân laènna, sè lantaran kalongètanna orèng sè aghâbây, katonna èndhâ, nyennengaghi da’ orèng sè ngabâs. Dhinèng sè tamaso’ dâ’ lalongèt bâdâ 11 macem iya arèya: 1. bhâk-tebbhâghân 2. okara kakantèn 3. bhângsalan 4. rora bhâsa 5. kèrata bhâsa 6. parebhâsan 7. ebhârât 8. saloka 9. parlambhâng 10. oca’ sarojâ oca’ camporan tabhâlik 1) Bhak-tebbhaghan Bhak-tebbhaghân iyâ areya settong okara , otabâ pan-barampan okara se ekoca’aghi bi’ oreng ka oreng laen se marloaghi jawabhâân. Kadhâng jawabhânna loco. Tape maso’ akal, dhineng se ngedingaghi senneng. Biyasan etebbhâ’aghi baktona pada ghâng-lagghâng menangka dhâddhina panglepor ate, conto: v Nase’ sakeppel ekarobung ghâlâta: 

Contoh Soal Lomba Cerdas Cermat Pramuka

Soal LCT I 1. Apa sebutan pramuka di singapura ( the Singapore scout association) 2. Apa sebutan pramuka di Malaysia ( persekutuan pengakap Malaysia ) 3. Apa sebutan pramuka di Filipina ( Kapatiran scouting Filipinas) 4. Apa sebutan pramuka Di India ( the bharat scout and guides ) 5. Apa sebutan pramuka Di amerika ( boy scout of America ) 6. Pramuka memiliki 3 sifat yaitu ( nasional,internasional,universal ) 7. Didalam try satya ada enam kewajiban ( terhadap tuhan,Negara kesatuan,pancasila,sesama           hidup,masyarakat,dasa dharma) 8. Siapa bapak pandu sedunia ( sir Robert Stephenson smyth baden powellof gilwell ) 9. Lulusan manakah baden powell ( charterhouse school ) 10. Pangakat terakhir boden powell di kemiliteran ( letnan jendral ) 11. Kapan b p dilahirkan ( 22 februari 1857 ) 12. Dimakah bp dilahirkan ( London inggris ) 13. Siapakah yang memberi gelar kebangsawanan sir ( raja george v ) 14. Siapakah ayah bp ( prof. domine baden poiwell ) 15. Apa pekerjaan ay

Cara Cepat Menemukan Ide Pokok dalam Tulisan

Memiliki tujuan membaca adalah syarat utama agar kita bisa dengan mudah memahami bacaan tanpa buang banyak waktu.  Dengan tujuan membaca, kita akan mudah menyaring informasi fokus yang kita butuhkan.  Kemudian, melalui informasi fokus inilah kita akan mendapatkan ide pokok atau gagasan suatu bacaan dengan mudah. Menurut Anderson ada 7 tujuan membaca. 1.Membaca untuk mendapatkan fakta atau detail 2.Membaca untuk mendapatkan ide utama 3.Membaca untuk mendapatkan susunan/struktur tulisan 4.Membaca untuk menyimpulkan 5.Membaca untuk mengelompokkan 6.Membaca untuk menilai/evaluasi 7.Membaca untuk membandingkan Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tujuan membaca untuk mendapatkan ide utama. Sebagai contoh ketika Anda membaca buku tentang strategi marketing online. Anda membuat tujuan membaca ingin memahami langkah-langkah praktis memasarkan produk ke social media, terutama twitter.  Tanpa harus banyak buang waktu untuk membaca hal-hal yang tidak Anda perlukan (bisa ja

My Profil

Tugas biografi : PROFIL ANNAS SOLIHIN Annas Solihin Lahir pada tanggal 25 Februari 2003. Dia anak ke – 2 dari 3 bersaudara . Dari sejak kecil Dia lebih sering bersama ibunya ketimbang bersama ayah nya dan melalukan hal lainnya bersama ibunya. Ayah nya bekerja sebagai PNS dan Beliaumengajar di SDN Dharma Camplong 3. Dia mulai mengenyam dunia pendidikan di bangku sekolah pada usia 3 tahun di TK Alimuddin. Lalu melanjutkan sekolahnya di SDN Dharma Camplong 3 tempat ayah nya ngajar. Sejak saat itu Dia mulai menunjukkan prestasinya. Pada saat kelas 4 Dia dikirim ke kantor kecamatan untuk mengikuti lomba OSN, O2SN, HAN. Dia juga pernah di ikutkan oleh sekolah nya untuk mengikuti Perkemahan Pramuka seKecamatan Camplong di tingkat SD/SMP/SMA/MA/SMAK/MAK. Kemudian Dia melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri 1 Camplong. Disana Dia mulai di bully oleh temannya , tapi masalah itu bukan menjadi penghalang untuk tetap berkarir, guru – guru pengajarnya juga sering berpesan kepadanya agar tetap

Laporan Kegiatan Prakerin pada Selasa 18 Desember 2018

Kegiatan Praktek Kerja Industri kami di Era Computer pada Selasa 18 Desember 2018. Nama : Annas Solihin          1. Perakitan Kabel LAN ~ Staright      Alat yg di gunakan : Gunting, Crimping Tool, LAN Tester.      Bahan yg digunakan : Kabel UTP & Konektor RJ 45. Cara pembuatan : langkah pertama ukur kabel UTP yg d perlukan kemudian potong. Kemudian Tiap ujung kabel UTP di pasang kan Konektor RJ 45, sebelum memasang konektor kita harus menata kabel UTP tersebut sesuai aturan menurut kabel yg di gunakan. Nah disini kita akan menggunakan jenis Straight. Kabel UTP ( Unshield Twisted Pair) disini merupakan sebuah kabel yg tersusun dari 8 kabel di dalamnya yg terpelintir. Intinya kita harus menata nya sesuai yg d butuh kan. Karena kita akan menggunakan kabel Staright maka urutan 8 Warna kabel UTP tersebut adalah ; White Orange - Orange ~ White green - blue ~ White blue - Green ~ White brown - brown Urutlah seperti diatas. Setelah d urutkan dan sesuai kan serta masukk

Laporan Kegiatan Prakerin Pada Rabu 19 Desember 2018

Kegiatan Praktek Kerja Industri kami di Era Computer pada Selasa 18 Desember 2018. Nama : Annas Solihin               1. Instalasi Aplikasi Standar pada Laptop Baru Hal yg harus kita perhatikan terlebih dahulu sebelum meng instal aplikasi pada suatu Laptop/komputer kita harus mengetahui versi dari Laptop/komputer tersebut agar nantinya aplikasi yang di install akan sesuai dan berjalan dgn semestinya.  Alat : Laptop Baru Bahan : File(berisi aplikasi2 standar yg akan kita install seperti ; Wizzart, Moicrosoft Office, Chrome, Gomplayer (untuk vidio), Zet Audio (untuk Musik), dan Nitro PDF. Langkah pertama yg akan kita install adalah Wizzart karena kebanyakan file apl yg akan kita install berbentuk file wizzart. Kemudian kita install aplikasi seperti Microsoft Office, Chrome, Gomplayer (untuk vidio), Zet Audio (untuk Musik), dan Nitro PDF, proses peng installan nya boleh secara bersamaan kecuali aplikasi  Microsoft Office dan Nitro PDF nya. Mengapa demikian? Karena untuk a