Langsung ke konten utama

Cara Cepat Menemukan Ide Pokok dalam Tulisan



Memiliki tujuan membaca adalah syarat utama agar kita bisa dengan mudah memahami bacaan tanpa buang banyak waktu.  Dengan tujuan membaca, kita akan mudah menyaring informasi fokus yang kita butuhkan.  Kemudian, melalui informasi fokus inilah kita akan mendapatkan ide pokok atau gagasan suatu bacaan dengan mudah.
Menurut Anderson ada 7 tujuan membaca.
1.Membaca untuk mendapatkan fakta atau detail
2.Membaca untuk mendapatkan ide utama
3.Membaca untuk mendapatkan susunan/struktur tulisan
4.Membaca untuk menyimpulkan
5.Membaca untuk mengelompokkan
6.Membaca untuk menilai/evaluasi
7.Membaca untuk membandingkan
Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tujuan membaca untuk mendapatkan ide utama.
Sebagai contoh ketika Anda membaca buku tentang strategi marketing online. Anda membuat tujuan membaca ingin memahami langkah-langkah praktis memasarkan produk ke social media, terutama twitter.  Tanpa harus banyak buang waktu untuk membaca hal-hal yang tidak Anda perlukan (bisa jadi karena Anda sudah tahu atau belum membutuhkannya saat ini), Anda bisa menemukan apa yang Anda cari.  Dalam hal ini, informasi fokus yang Anda butuhkan adalah strategi marketing melalui twitter.  Dengan informasi fokus tersebut, Anda otomatis akan menyeleksi bagian yang relevan dan menemukan ide pokoknya.
Jika di buat alurnya, langkah kita dari mulai membuat tujuan membaca sampai menemukan ide pokok/gagasan adalah seperti berikut :
Membuat Tujuan Membaca -> Menentukan Informasi Fokus -> Menemukan Ide/Pokok Gagasan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran
Ide Pokok -> Kalimat Topik -> Harus Ditemukan
Ide pokok yang akan kita cari dalam sebuah tulisan biasanya akan kita temukan dalam bentuk kalimat topic.  Kalimat topik adalah kalimat kunci.  Jika kita berhasil menemukan kalimat kunci dalam suatu bacaan, sesungguhnya kita sudah memahami hampir semua isi bacaan.  Selain itu, menemukan kalimat kunci dalam suatu tulisan juga membuat kita lebih mudah dan cepat dalam membaca.
Akhadiah menyatakan, “Setiap paragraf harus mengandung satu gagasan pokok atau satu topik. Jika misalnya ada satu paragraf berisi dua pikiran utama, paragraf itu haruslah dijadikan dua paragraf. Jika satu paragraf itu berisi tiga pikiran utama, paragraf itu haruslah dijadikan tiga paragraf”.
Berikut ini adalah contoh kalimat topik yang dapat kita temukan dalam sebuah paragraf.
Pendidikan adalah gerbang menuju kehidupan yang lebih baik dengan memperjuangkan hal-hal terkecil hingga hal-hal terbesar yang normalnya akan dilewati oleh setiap manusia. Pendidikan adalah bekal untuk mengejar semua yang ditargetkan oleh seseorang dalam kehidupannya sehingga tanpa pendidikan, maka logikanya semua yang diimpikannya akan menjadi sangat sulit untuk dapat diwujudkan.
Faktanya, memang tidak semua orang yang berpendidikan sukses dalam perjalanan hidupnya, tetapi jika dilakukan perbandingan maka orang yang berpendidikan tetap jauh lebih banyak yang bisa mengecap kesuksesan daripada orang yang tidak pernah mengecap pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan adalah alat untuk mengembangkan diri, mental, pola pikir dan juga kualitas diri seseorang.
Kalimat topik dalam tulisan tersebut adalah kalimat yang diberi garis bawah.
Jika kita perhatikan dengan seksama, kalimat topik dalam dua paragraf tersebut ada di awal paragraf dan di akhir paragraf.
Kalimat topik memang biasanya berada di awal paragraf saja atau di akhir saja.  Akan tetapi ada beberapa paragraf yang memiliki kalimat topik di awal dan di akhir, biasanya yang di akhir adalah pernyataan penegasan dari kalimat di awal.
Selain itu, menemukan kalimat topic pada setiap paragraf dapat disiasati dengan mengetahui jenis paragraf yang sedang di baca.  Diantara jenis paragraph adalah paragraph narasi/cerita, paragraph deskripsi/penjabaran, paragraf kausalitas/sebab-akibat, dan sebagainya.
Ide pokok/Kalimat topik di awal paragraf
Ide pokok yang teletak pada bagian awal paragraf pada umumnya mengandung pernyataan yang bersifat umum, pernyataan yang masih memerlukan pengembangan, rincian, dan penjelasan lebih lanjut. Oleh karena itu, kalimat-kalimat berikutnya merupakan pengembangan ide pokok, berfungsi memberikan rincian/penjelasan mengenai apa yang tercantum pada ide pokok.
Ide pokok/Kalimat topik di akhir paragraf
Ide pokok yang terletak di bagian akhir paragraf pada umumnya merupakan kesimpulan atau rangkuman dari apa yang dikemukakan pada kalimat-kalimat di mukanya. Penulis lebih dahulu mengemukakan beberapa kejadian, peristiwa, atau keadaan, kemudian pada akhir paragraf dikemukakan kesimpulan atau rangkumannya. Jadi alur pikiran yang dinyatakan pada paragraf itu bersifat induktif.
Berdasarkan pendapat di atas, diketahui bila kalimat pokok ditempatkan pada akhir paragraf maka akan menjadi  paragraf induktif, yaitu paragraf yang menyatakan penjelasan terlebih dahulu, barulah diakhiri dengan pokok pembicaraan urutan khusus ke umum.
Ide pokok/Kalimat topik di awal dan di akhir paragraf
Ide pokok yang terletak di bagian awal paragraf menyatakan yang bersifat umum, yang sudah tentu masih  memerlukan penjelasan lebih lanjut, sedangkan ide pokok  di bagian akhir paragraf sebenarnya merupakan ulangan dari ide pokok di bagian awal paragraf, hanya sering bentuk kalimat atau kata-katanya tidak sama. Kalimat-kalimat lainnya, yaitu yang di antara kedua ide pokok itu merupakan pengembangan ide pokok, menjelaskan apa yang dikemukakan pada ide pokok. Jadi, alur pikiran bersifat deduktif-induktif.
Harus Paham Ide Pokok, Baru Kalimat Penjelas Jika Belum Paham
Jika kita ingin mengembangkan ekmampuan dalam membaca agar hemat waktu dan tenaga, ada beberapa hal yang penting untuk kita tingkatkan.
Diantaranya adalah kita harus menemukan dan memahami ide pokoknya.  Jika belum paham, maka silahkan baca kalimat penjelas sampai Anda mendapatkan gagasan utamanya. Jika Anda sudah menangkap maksud atau ide utamanya di awal paragraf, Anda bisa langsung loncat ke paragraf berikutnya.  Jika belum, Anda bisa memperdalam kalimat-kalimat penjelas setelahnya.
Berikut ini adalah cara membedakan antara kalimat topik/ide pokok dengan kalimat penjelas
Ciri kalimat topik :
1. Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut
2. Biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri
3. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain
4. Dapat dibentuk tanpa kata sambung atau transisi
5. Pada paragraf induktif, kalimat utama sering kali ditandai kata-kata kunci seperti :
Sebagai kesimpulan….
Yang penting….
Jadi, …..
Dengan demikian…
Sedangkan kalimat penjelas memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Sering merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri
2. Arti kalimatnya baru jelas setelah dihubungkan dengan kalimat lain dalam satu alinea
3. Pembentukannya sering memerlukan bantuan kata sambung atau frasa penghubung atau kalimat transisi
4. Isinya berupa rincian, keterangan, contoh, dan data lain yang bersifat mendukung kalimat topik
Demikian tips keterampilan membaca kali ini. Selamat bertumbuh menjadi pembaca yang semakin efektif!  Jika ada yg ingin didiskusikan silahkan komentar di bawah ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Novel Sejarah Pribadi

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu; 1. Menyusun kerangka novel sejarah berdasarkan peristiwa sejarah; 2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dimasa lalu. Teks Cerita Sejarah Pribadi adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dari kecil hingga sekarang. Perbedaan Teks Sejarah Pribadi dengan Biografi: kalau Biografi itu ditulis oleh orang lain yang biasanya pada saat yang bersangkutan telah tiada Sedangkan Teks cerita sejarah pribadi ditulis oleh orang yang mengalami kejadian tersebut. Perbedaan dengan Pengalaman: jika pengalaman hanya menceritakan satu kejadian saja sedangkan teks pribadi hampir semua yang terjadi. Struktur teks  1. Pengenalan situasi cerita 2. Pengungkapan peristiwa 3. Menuju konflik 4. Puncak konflik Membuat Sejarah Pribadi Sendiri 1. Carilah dokumen-dokumen yang penting. 2. Wawancarai orang-or

PKN: Peran Serta Warga Negara Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan Peran Serta Warga Negara Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan

sumber foto :https://deskwasbang.polkam.go.id/peran-wawasan-kebangsaan-dan-bela-negara-dalam-meningkatkan-daya-saing-pemuda-indonesia-pada-persaingan-global/   Wawasan Nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntutan bagi setiap warga negara Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntutan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, implementasi atau penerapan Wawasan Nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan. Dengan kata lain, Wawasan Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi, menyikapi, atau menangani berbagai masalah menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut. 1. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan

Reported Speech ( Indirect Speech )

hi guys see you again ... with my annassolihinsmart.blogspot.com .... i have a duty reeported speech ... tpi how to do it ya ?? This is it .... Put the following direct sentences into reported speech. 1. a. Issumboshi said to the princess, ''I'll stay in your pocket and guard you from all harm.'' b. ....... 2. a. The lord said, ''I'll employ you.'' b. ...... 3. a. Issumboshi told the princess, ''I'll defend you upon my life.'' b. ...... 4. a. The demon said,''This magic hammer will grant you a wish.'' b. ..... 5. a. The demon said to Issumboshi, ''I give this magic hammer to you.'' b. ..... 6. a. John said, ''I am feeling ill.'' b. ...... 7. a. Bob told me, ''Dan works very hard.'' b. ..... 8. a. Riana said, ''I don't have any brothers or sisters.'' b. .... 9. a. Fadhil told me,'' Sarah has a very well-paid job.

MATERI BM: LALONGÈT

Èopènè Sareng M. Hafid Effendy, M.Pd. *) (Angghuta Pakem Maddhu Mekkasan) LALONGÈâT aropaaghi bagiân dâri sastra Madhurâ. Lalongèt asalla dâri oca’ longèt , Èrangkep adâ’ aobâ swara dhâddhilalongèt. Longet andi’ artè pènter otabâ pèlak bây-ghâbâyân. Maksoddhâ aghâbây korse, lomare, bân laènna, sè lantaran kalongètanna orèng sè aghâbây, katonna èndhâ, nyennengaghi da’ orèng sè ngabâs. Dhinèng sè tamaso’ dâ’ lalongèt bâdâ 11 macem iya arèya: 1. bhâk-tebbhâghân 2. okara kakantèn 3. bhângsalan 4. rora bhâsa 5. kèrata bhâsa 6. parebhâsan 7. ebhârât 8. saloka 9. parlambhâng 10. oca’ sarojâ oca’ camporan tabhâlik 1) Bhak-tebbhaghan Bhak-tebbhaghân iyâ areya settong okara , otabâ pan-barampan okara se ekoca’aghi bi’ oreng ka oreng laen se marloaghi jawabhâân. Kadhâng jawabhânna loco. Tape maso’ akal, dhineng se ngedingaghi senneng. Biyasan etebbhâ’aghi baktona pada ghâng-lagghâng menangka dhâddhina panglepor ate, conto: v Nase’ sakeppel ekarobung ghâlâta: 

Contoh Soal Lomba Cerdas Cermat Pramuka

Soal LCT I 1. Apa sebutan pramuka di singapura ( the Singapore scout association) 2. Apa sebutan pramuka di Malaysia ( persekutuan pengakap Malaysia ) 3. Apa sebutan pramuka di Filipina ( Kapatiran scouting Filipinas) 4. Apa sebutan pramuka Di India ( the bharat scout and guides ) 5. Apa sebutan pramuka Di amerika ( boy scout of America ) 6. Pramuka memiliki 3 sifat yaitu ( nasional,internasional,universal ) 7. Didalam try satya ada enam kewajiban ( terhadap tuhan,Negara kesatuan,pancasila,sesama           hidup,masyarakat,dasa dharma) 8. Siapa bapak pandu sedunia ( sir Robert Stephenson smyth baden powellof gilwell ) 9. Lulusan manakah baden powell ( charterhouse school ) 10. Pangakat terakhir boden powell di kemiliteran ( letnan jendral ) 11. Kapan b p dilahirkan ( 22 februari 1857 ) 12. Dimakah bp dilahirkan ( London inggris ) 13. Siapakah yang memberi gelar kebangsawanan sir ( raja george v ) 14. Siapakah ayah bp ( prof. domine baden poiwell ) 15. Apa pekerjaan ay

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI Hai sobat kembali lagi di blog AnnasSolihinSmart.com, kali ini kita akan mempelajari pengertian, struktur, ciri/kaidah kebahasaan, contoh dan cara memproduksi/menyusun teks laporan hasil observasi (LHO). Apa sih teks LHO itu ? Daripada semakin penasaran, yuk simak pembahasan kita kali ini...... A. DEFINISI/PENGERTIAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI Observasi : Pengamatan Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang menjelaskan informasi mengenai sesuatu, baik itu hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, hasil karya manusia, dan/atau fenomena alam sesuai fakta dengan klasifikasi kelas dan subkelas yang ada di dalamnya berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan. Masih belum paham ? Singkatnya, teks LHO adalah sebuah teks yang akan memaparkan hasil observasi secara sistematik dan objektif berdasarkan kenyataan/fakta yang ada. Teks jenis ini juga mendeskripsikan mengenai bentuk, ciri, dan/atau sifat umum suatu objek. Objek tersebut dapat berup

My Profil

Tugas biografi : PROFIL ANNAS SOLIHIN Annas Solihin Lahir pada tanggal 25 Februari 2003. Dia anak ke – 2 dari 3 bersaudara . Dari sejak kecil Dia lebih sering bersama ibunya ketimbang bersama ayah nya dan melalukan hal lainnya bersama ibunya. Ayah nya bekerja sebagai PNS dan Beliaumengajar di SDN Dharma Camplong 3. Dia mulai mengenyam dunia pendidikan di bangku sekolah pada usia 3 tahun di TK Alimuddin. Lalu melanjutkan sekolahnya di SDN Dharma Camplong 3 tempat ayah nya ngajar. Sejak saat itu Dia mulai menunjukkan prestasinya. Pada saat kelas 4 Dia dikirim ke kantor kecamatan untuk mengikuti lomba OSN, O2SN, HAN. Dia juga pernah di ikutkan oleh sekolah nya untuk mengikuti Perkemahan Pramuka seKecamatan Camplong di tingkat SD/SMP/SMA/MA/SMAK/MAK. Kemudian Dia melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri 1 Camplong. Disana Dia mulai di bully oleh temannya , tapi masalah itu bukan menjadi penghalang untuk tetap berkarir, guru – guru pengajarnya juga sering berpesan kepadanya agar tetap

Laporan Kegiatan Prakerin pada Selasa 18 Desember 2018

Kegiatan Praktek Kerja Industri kami di Era Computer pada Selasa 18 Desember 2018. Nama : Annas Solihin          1. Perakitan Kabel LAN ~ Staright      Alat yg di gunakan : Gunting, Crimping Tool, LAN Tester.      Bahan yg digunakan : Kabel UTP & Konektor RJ 45. Cara pembuatan : langkah pertama ukur kabel UTP yg d perlukan kemudian potong. Kemudian Tiap ujung kabel UTP di pasang kan Konektor RJ 45, sebelum memasang konektor kita harus menata kabel UTP tersebut sesuai aturan menurut kabel yg di gunakan. Nah disini kita akan menggunakan jenis Straight. Kabel UTP ( Unshield Twisted Pair) disini merupakan sebuah kabel yg tersusun dari 8 kabel di dalamnya yg terpelintir. Intinya kita harus menata nya sesuai yg d butuh kan. Karena kita akan menggunakan kabel Staright maka urutan 8 Warna kabel UTP tersebut adalah ; White Orange - Orange ~ White green - blue ~ White blue - Green ~ White brown - brown Urutlah seperti diatas. Setelah d urutkan dan sesuai kan serta masukk

Laporan Kegiatan Prakerin Pada Rabu 19 Desember 2018

Kegiatan Praktek Kerja Industri kami di Era Computer pada Selasa 18 Desember 2018. Nama : Annas Solihin               1. Instalasi Aplikasi Standar pada Laptop Baru Hal yg harus kita perhatikan terlebih dahulu sebelum meng instal aplikasi pada suatu Laptop/komputer kita harus mengetahui versi dari Laptop/komputer tersebut agar nantinya aplikasi yang di install akan sesuai dan berjalan dgn semestinya.  Alat : Laptop Baru Bahan : File(berisi aplikasi2 standar yg akan kita install seperti ; Wizzart, Moicrosoft Office, Chrome, Gomplayer (untuk vidio), Zet Audio (untuk Musik), dan Nitro PDF. Langkah pertama yg akan kita install adalah Wizzart karena kebanyakan file apl yg akan kita install berbentuk file wizzart. Kemudian kita install aplikasi seperti Microsoft Office, Chrome, Gomplayer (untuk vidio), Zet Audio (untuk Musik), dan Nitro PDF, proses peng installan nya boleh secara bersamaan kecuali aplikasi  Microsoft Office dan Nitro PDF nya. Mengapa demikian? Karena untuk a