Langsung ke konten utama

PKN: Peran Serta Warga Negara Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan Peran Serta Warga Negara Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan



sumber foto :https://deskwasbang.polkam.go.id/peran-wawasan-kebangsaan-dan-bela-negara-dalam-meningkatkan-daya-saing-pemuda-indonesia-pada-persaingan-global/

  Wawasan Nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntutan bagi setiap warga negara Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntutan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, implementasi atau penerapan Wawasan Nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan. Dengan kata lain, Wawasan Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi, menyikapi, atau menangani berbagai masalah menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut.
1. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis. Hal tersebut nampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan kedaulatan rakyat.

2. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan serta kemakmuran rakyat secara merata dan adil. Di samping itu, implementasi Wawasan Nusantara mencerminkan tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam yang memperhatikan kebutuhan masyarakat antar daerah secara timbal balik serta kelestarian sumber daya alam itu sendiri.

3. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia sang Pencipta. Implementasi ini juga akan menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dan bersatu tanpa membeda-bedakan suku, asal usul daerah, agama atau kepercayaan, serta golongan berdasarkan status sosialnya.

4. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan akan menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara indonesia. Kesadaran dan sikap cinta tanah air dan bangsa serta bela negara ini akan menjadi modal utama yang akan menggerakkan partisipasi setiap warga negara Indonesia dalam menanggapi setiap bentuk ancaman, seberapa pun kecilnya dan dari manapun datangnya, atau setiap gejala yang membahayakan keselamatan bangsa dan kedaulatan negara.

5. Dalam pembinaan seluruh aspek kehidupan nasional sebagaimana dijelaskan di atas, implementasi wawasan nusantara harus menjadi nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh Indonesia. Di samping itu, wawasan nusantara dapat diimplementasikan ke dalam segenap pranata sosial yang berlaku di masyarakat dalam nuansa kebhinekaan sehingga menciptakan kehidupan yang toleran, akrab, peduli, hormat, dan taat hukum. Semua itu menggambarkan sikap, paham, dan semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi sebagai identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

6. Untuk itu, agar terketuk hari nurani setiap warga negara Indonesia dan sadar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara diperlukan pendekatan dengan program yang teratur, terjadwal, dan terarah. Hal ini akan mewujudkan keberhasilan implementasi NKRI melalui pengukuhan Wawasan Nusantara.

 Adapun peran serta dalam penerapan asas-asas Wawasan Nusantara dalam tata kehidupan nasional memerlukan kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam seluruh proses penyelenggaraan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mengisi pembangunan.

Peranan siswa dalam mendukung implementasi Wawasan Nusantara adalah sebagai berikut.
1. Mendukung persatuan bangsa.
2. Berkemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan individu atau golongan.
4. Mendukung upaya untuk mewujudkan suatu keadilan sosial dalam masyarakat.
5. Mempunyai kemampuan berfikir, bersikap rasional, dan dinamis, berpandangan luas sebagai intelektual.
6. Mempunyai wawasan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk membela negara yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air.
7. Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
8. Memanfaatkan secara aktif ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, berbangsa dan bernegara.
9. Mewujudkan kepentingan nasional.
10. Memelihara dan memperbaiki demokrasi.
11. Mengembangkan IPTEK yang dilandasi iman dan takwa.
12. Menciptakan kerukunan umat beragama.
13. Memiliki informasi dan perhatian terhadap kebutuhan-kebutuhan masyarakat.
14. Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan.
15. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.
16. Merubah budaya negatif yang dapat menciptakan perselisihan.
17. Mengembangkan kehidupan masyarakat menuju ke arah yang lebih baik.
18. Memelihara nilai-nilai positif (hidup rukun, gotong royong, dll) dalam masyarakat

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Novel Sejarah Pribadi

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu; 1. Menyusun kerangka novel sejarah berdasarkan peristiwa sejarah; 2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dimasa lalu. Teks Cerita Sejarah Pribadi adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dari kecil hingga sekarang. Perbedaan Teks Sejarah Pribadi dengan Biografi: kalau Biografi itu ditulis oleh orang lain yang biasanya pada saat yang bersangkutan telah tiada Sedangkan Teks cerita sejarah pribadi ditulis oleh orang yang mengalami kejadian tersebut. Perbedaan dengan Pengalaman: jika pengalaman hanya menceritakan satu kejadian saja sedangkan teks pribadi hampir semua yang terjadi. Struktur teks  1. Pengenalan situasi cerita 2. Pengungkapan peristiwa 3. Menuju konflik 4. Puncak konflik Membuat Sejarah Pribadi Sendiri 1. Carilah dokumen-dokumen yang penting. 2. Wawancarai orang-or

Reported Speech ( Indirect Speech )

hi guys see you again ... with my annassolihinsmart.blogspot.com .... i have a duty reeported speech ... tpi how to do it ya ?? This is it .... Put the following direct sentences into reported speech. 1. a. Issumboshi said to the princess, ''I'll stay in your pocket and guard you from all harm.'' b. ....... 2. a. The lord said, ''I'll employ you.'' b. ...... 3. a. Issumboshi told the princess, ''I'll defend you upon my life.'' b. ...... 4. a. The demon said,''This magic hammer will grant you a wish.'' b. ..... 5. a. The demon said to Issumboshi, ''I give this magic hammer to you.'' b. ..... 6. a. John said, ''I am feeling ill.'' b. ...... 7. a. Bob told me, ''Dan works very hard.'' b. ..... 8. a. Riana said, ''I don't have any brothers or sisters.'' b. .... 9. a. Fadhil told me,'' Sarah has a very well-paid job.

MATERI BM: LALONGÈT

Èopènè Sareng M. Hafid Effendy, M.Pd. *) (Angghuta Pakem Maddhu Mekkasan) LALONGÈâT aropaaghi bagiân dâri sastra Madhurâ. Lalongèt asalla dâri oca’ longèt , Ãˆrangkep adâ’ aobâ swara dhâddhilalongèt. Longet andi’ artè pènter otabâ pèlak bây-ghâbâyân. Maksoddhâ aghâbây korse, lomare, bân laènna, sè lantaran kalongètanna orèng sè aghâbây, katonna èndhâ, nyennengaghi da’ orèng sè ngabâs. Dhinèng sè tamaso’ dâ’ lalongèt bâdâ 11 macem iya arèya: 1. bhâk-tebbhâghân 2. okara kakantèn 3. bhângsalan 4. rora bhâsa 5. kèrata bhâsa 6. parebhâsan 7. ebhârât 8. saloka 9. parlambhâng 10. oca’ sarojâ oca’ camporan tabhâlik 1) Bhak-tebbhaghan Bhak-tebbhaghân iyâ areya settong okara , otabâ pan-barampan okara se ekoca’aghi bi’ oreng ka oreng laen se marloaghi jawabhâân. Kadhâng jawabhânna loco. Tape maso’ akal, dhineng se ngedingaghi senneng. Biyasan etebbhâ’aghi baktona pada ghâng-lagghâng menangka dhâddhina panglepor ate, conto: v Nase’ sakeppel ekarobung ghâlâta: 

Contoh Soal Lomba Cerdas Cermat Pramuka

Soal LCT I 1. Apa sebutan pramuka di singapura ( the Singapore scout association) 2. Apa sebutan pramuka di Malaysia ( persekutuan pengakap Malaysia ) 3. Apa sebutan pramuka di Filipina ( Kapatiran scouting Filipinas) 4. Apa sebutan pramuka Di India ( the bharat scout and guides ) 5. Apa sebutan pramuka Di amerika ( boy scout of America ) 6. Pramuka memiliki 3 sifat yaitu ( nasional,internasional,universal ) 7. Didalam try satya ada enam kewajiban ( terhadap tuhan,Negara kesatuan,pancasila,sesama           hidup,masyarakat,dasa dharma) 8. Siapa bapak pandu sedunia ( sir Robert Stephenson smyth baden powellof gilwell ) 9. Lulusan manakah baden powell ( charterhouse school ) 10. Pangakat terakhir boden powell di kemiliteran ( letnan jendral ) 11. Kapan b p dilahirkan ( 22 februari 1857 ) 12. Dimakah bp dilahirkan ( London inggris ) 13. Siapakah yang memberi gelar kebangsawanan sir ( raja george v ) 14. Siapakah ayah bp ( prof. domine baden poiwell ) 15. Apa pekerjaan ay

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI Hai sobat kembali lagi di blog AnnasSolihinSmart.com, kali ini kita akan mempelajari pengertian, struktur, ciri/kaidah kebahasaan, contoh dan cara memproduksi/menyusun teks laporan hasil observasi (LHO). Apa sih teks LHO itu ? Daripada semakin penasaran, yuk simak pembahasan kita kali ini...... A. DEFINISI/PENGERTIAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI Observasi : Pengamatan Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang menjelaskan informasi mengenai sesuatu, baik itu hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, hasil karya manusia, dan/atau fenomena alam sesuai fakta dengan klasifikasi kelas dan subkelas yang ada di dalamnya berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan. Masih belum paham ? Singkatnya, teks LHO adalah sebuah teks yang akan memaparkan hasil observasi secara sistematik dan objektif berdasarkan kenyataan/fakta yang ada. Teks jenis ini juga mendeskripsikan mengenai bentuk, ciri, dan/atau sifat umum suatu objek. Objek tersebut dapat berup

Cara Cepat Menemukan Ide Pokok dalam Tulisan

Memiliki tujuan membaca adalah syarat utama agar kita bisa dengan mudah memahami bacaan tanpa buang banyak waktu.  Dengan tujuan membaca, kita akan mudah menyaring informasi fokus yang kita butuhkan.  Kemudian, melalui informasi fokus inilah kita akan mendapatkan ide pokok atau gagasan suatu bacaan dengan mudah. Menurut Anderson ada 7 tujuan membaca. 1.Membaca untuk mendapatkan fakta atau detail 2.Membaca untuk mendapatkan ide utama 3.Membaca untuk mendapatkan susunan/struktur tulisan 4.Membaca untuk menyimpulkan 5.Membaca untuk mengelompokkan 6.Membaca untuk menilai/evaluasi 7.Membaca untuk membandingkan Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tujuan membaca untuk mendapatkan ide utama. Sebagai contoh ketika Anda membaca buku tentang strategi marketing online. Anda membuat tujuan membaca ingin memahami langkah-langkah praktis memasarkan produk ke social media, terutama twitter.  Tanpa harus banyak buang waktu untuk membaca hal-hal yang tidak Anda perlukan (bisa ja

My Profil

Tugas biografi : PROFIL ANNAS SOLIHIN Annas Solihin Lahir pada tanggal 25 Februari 2003. Dia anak ke – 2 dari 3 bersaudara . Dari sejak kecil Dia lebih sering bersama ibunya ketimbang bersama ayah nya dan melalukan hal lainnya bersama ibunya. Ayah nya bekerja sebagai PNS dan Beliaumengajar di SDN Dharma Camplong 3. Dia mulai mengenyam dunia pendidikan di bangku sekolah pada usia 3 tahun di TK Alimuddin. Lalu melanjutkan sekolahnya di SDN Dharma Camplong 3 tempat ayah nya ngajar. Sejak saat itu Dia mulai menunjukkan prestasinya. Pada saat kelas 4 Dia dikirim ke kantor kecamatan untuk mengikuti lomba OSN, O2SN, HAN. Dia juga pernah di ikutkan oleh sekolah nya untuk mengikuti Perkemahan Pramuka seKecamatan Camplong di tingkat SD/SMP/SMA/MA/SMAK/MAK. Kemudian Dia melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri 1 Camplong. Disana Dia mulai di bully oleh temannya , tapi masalah itu bukan menjadi penghalang untuk tetap berkarir, guru – guru pengajarnya juga sering berpesan kepadanya agar tetap

Laporan Kegiatan Prakerin pada Selasa 18 Desember 2018

Kegiatan Praktek Kerja Industri kami di Era Computer pada Selasa 18 Desember 2018. Nama : Annas Solihin          1. Perakitan Kabel LAN ~ Staright      Alat yg di gunakan : Gunting, Crimping Tool, LAN Tester.      Bahan yg digunakan : Kabel UTP & Konektor RJ 45. Cara pembuatan : langkah pertama ukur kabel UTP yg d perlukan kemudian potong. Kemudian Tiap ujung kabel UTP di pasang kan Konektor RJ 45, sebelum memasang konektor kita harus menata kabel UTP tersebut sesuai aturan menurut kabel yg di gunakan. Nah disini kita akan menggunakan jenis Straight. Kabel UTP ( Unshield Twisted Pair) disini merupakan sebuah kabel yg tersusun dari 8 kabel di dalamnya yg terpelintir. Intinya kita harus menata nya sesuai yg d butuh kan. Karena kita akan menggunakan kabel Staright maka urutan 8 Warna kabel UTP tersebut adalah ; White Orange - Orange ~ White green - blue ~ White blue - Green ~ White brown - brown Urutlah seperti diatas. Setelah d urutkan dan sesuai kan serta masukk

Laporan Kegiatan Prakerin Pada Rabu 19 Desember 2018

Kegiatan Praktek Kerja Industri kami di Era Computer pada Selasa 18 Desember 2018. Nama : Annas Solihin               1. Instalasi Aplikasi Standar pada Laptop Baru Hal yg harus kita perhatikan terlebih dahulu sebelum meng instal aplikasi pada suatu Laptop/komputer kita harus mengetahui versi dari Laptop/komputer tersebut agar nantinya aplikasi yang di install akan sesuai dan berjalan dgn semestinya.  Alat : Laptop Baru Bahan : File(berisi aplikasi2 standar yg akan kita install seperti ; Wizzart, Moicrosoft Office, Chrome, Gomplayer (untuk vidio), Zet Audio (untuk Musik), dan Nitro PDF. Langkah pertama yg akan kita install adalah Wizzart karena kebanyakan file apl yg akan kita install berbentuk file wizzart. Kemudian kita install aplikasi seperti Microsoft Office, Chrome, Gomplayer (untuk vidio), Zet Audio (untuk Musik), dan Nitro PDF, proses peng installan nya boleh secara bersamaan kecuali aplikasi  Microsoft Office dan Nitro PDF nya. Mengapa demikian? Karena untuk a